Mudah menumbuhkan Stek anggur media air

stek anggur dengan air edited

Cara menumbuhkan stek anggur media air.

stek anggur dengan air
stek anggur dengan air

Persiapan dan penanaman stek sebagai batang induk

Potonglah tanaman anggur yang sudah tua menjadi beberapa potongan dengan menyisakan tiga mata tunas dan tutupi potongan batang bagian atas dengan parafin atau lilin untuk mengurangi penguapan uap air dari batang. Masukan setengah sentimeter air ke dalam toples ukuran 1 liter dan letakkan lapisan kapas yang tipis di bagian bawah toples. Hal ini akan sangat diperlukan jika anda tidak memiliki waktu untuk terus memantau tingkat kelembaban di dalam toples.

Dari potongan bawah ke tunas terdekat, itu harus berjarak 1 cm. Tunas ini harus dibutakan atau diratakan, dan kemudian 3-4 irisan vertikal pada kulit harus dibuat dari tunas ini sampai ke bawah. Akar akan mulai berkembang dari potongan, asalkan tangkai anggur diturunkan ke dalam air hanya sedalam 0, 5 cm. Akar akan muncul di perbatasan antara air dan udara. baca juga Mudah Cara budidaya Anggur: 5 menanam agar panen yang baik

Jika air terlalu banyak dan potongannya benar-benar terbenam di dalamnya, maka akarnya tidak akan tumbuh, kuncupnya akan pecah, dan tunasnya tidak akan tumbuh, dan ini tidak bisa dibiarkan sebelum akarnya muncul.

Stek anggur juga dapat dipotong menjadi dua mata tunas. Mata tunas yang lebih rendah harus dibutakan atau dihilangkan dan tunas akan mulai berkembang di atas setelah akar muncul. Namun, seringkali tunas lunak ini rusak selama penanaman. Jadi lebih baik ada 3 mata tunas , sehingga dapat dikatakan bahwa stek memiliki tunas cadangan. Jika Anda memiliki sedikit tanaman tanaman anggur, dan Anda membutuhkan banyak stek, maka anda dapat memotongnya menjadi dua tunas saja. Tetapi Anda harus menangani batangnya dengan sangat hati-hati agar tidak merusak tunas muda dengan cara apa pun. lainnya 3 Cara memilih bibit anggur yang sehat

Persiapan dan penanaman stek untuk bibit anggur

Transplantasi stek anggur dalam wadah

Setelah 17-18 hari, titik-titik putih atau kalus akan muncul di bagian bawah stek, dimana akar akan mulai tumbuh dengan cepat. Ketika akar sudah tumbuh dan panjang mencapai 0,5 cm, maka stek perlu ditanam dalam media lain. Jangan terlalu banyak dan lama meletakkan stek dalam air. Dengan media air ini, akarnya akan tumbuh sangat cepat tetapi rapuh.

Saya menanam stek anggur di gelas polietilen buatan sendiri yang tingginya 30-40 cm atau botol plastik yang dipotong di mana perlu membuat lubang pembuangan untuk mengalirkan air yang berlebih setelah disiram. Sebagai media, saya menggunakan humus yang sudah disterilkan dari jamur dan organisme perusak tanaman. Isi wadah dengan humus sepertiga, letakkan tangkai anggur di atasnya dan isi ruang yang tersisa dengan humus lagi. Batang harus ditanam dalam-dalam. Setelah itu padatkan dengan baik dan sirami tanah.

Merawat stek berakar

Setelah empat hari, akar akan tumbuh hingga 2-4 cm, dan setelah 7-10 hari, kuncup tunas akan mulai mekar mengeluarkan daun dari stek. Namun, tidak semua stek tumbuh secara merata. Perlakukan secara rutin saat menyiram,jangan biarkan tanah mengering. Sebelum menanam stek di kebun, stek harus dikeraskan. Jika Anda menanam tanaman tersebut yang ditanam di ruangan tanpa perlindungan maka pengerasan tanaman terlebih dahulu, tanaman akan mati dalam sehari saja jika itu langsung dilakukan. daun akan menjadi layu dan rontok.

Pada hari pertama, stek dapat disimpan di luar ruangan selama 20 menit, pada hari kedua – 40 menit, dan seterusnya, sehingga setelah 7-10 hari tanaman sudah dapat berada di luar selama sehari tanpa membahayakan kesehatan. baca juga 5 cara mudah Menanam Anggur untuk penghasilan

Pada saat penanaman ke tanah, sistem akar sudah harus berkembang dengan baik dan kuat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!