1. mudah cara budidaya labu manis

budidaya labu manis

cara budidaya labu manis

budidaya labu manis
budidaya labu manis

Labu manis merupakan labu sangat penting di antara tanaman kategori labu yang ditanam di musim panas. Labu manis Itu masuk kedalam keluarga Cucurbitaceae. Budidaya labu manis dilakukan dalam skala besar di India Utara serta di daerah perbukitan. Buah mentahnya digunakan untuk sayuran.

Selain vitamin, labu manis banyak mengandung mineral. Jika petani membudidayakan Labu manis dengan teknologi ilmiah, maka hasil panen yang baik dapat diperoleh dari tanaman ini. Pada artikel ini telah disebutkan informasi tentang cara budidaya labu manis yang sudah ditingkatkan.

iklim yang cocok untuk labu manis

Labu manis adalah tanaman iklim panas. Tanaman Itu tidak memiliki kemampuan untuk mentolerir dingin apalagi cuaca beku yang ekstrim. Suhu tertinggi untuk budidayanya adalah 40 °C dan minimum 20 °C. Suhu yang ideal adalah 25 hingga 30 derajat Celcius.

pemilihan lahan untuk labu manis

Tanah lempung berpasir atau lempung berhumus dengan sistem drainase yang baik dianggap paling cocok untuk tanaman labu manis. Nilai pH tanah dianggap yang paling baik adalah 6 hingga 7.

persiapan pertanian labu manis

Untuk budidaya labu manis, setelah membajak lahan 3 hingga 4 kali, buatlah parit dan piringan tempat benih ditaburkan. Tanaman ini juga bisa ditanam di pematang bersama dengan sayuran lainnya. Penaburan benih harus dilakukan hanya jika ada cukup kelembaban di lahan sehingga perkecambahan dan pertumbuhan benih dapat dilakukan dengan baik.

Waktu menabur beni labu manis

Waktu yang cocok untuk menabur Labu manis adalah dari Februari hingga Maret.

jumlah benih budidaya labu manis

Untuk budidaya Labu manis, 6 sampai 8 kg benih cukup untuk menabur untuk satu hektar lahan.

menabur benih labu manis

buatlah saluran air selebar 30 hingga 40 cm pada jarak 1,0 hingga 1,5 meter di lahan yang disiapkan dengan baik untuk budidaya labu. Penaburan benih dilakukan pada jarak 60 sampai 75 cm pada kedua sisi bedengan.

Pupuk budidaya labu manis

Untuk produksi yang lebih baik dari tanaman labu manis, kompos atau kotoran sapi dengan takaran 20 hingga 25 ton per hektar decampur kelahan 2 hingga 3 minggu sebelum menabur benih, campurkan dengan baik ke dalam tanah sambil mempersiapkan lahan. Selain itu, 100 kg nitrogen, 60 kg fosfor dan 60 kg kalium digunakan per hektar.

Mencampur jumlah keseluruhan Fosfor dan Potash dan sepertiga dari Nitrogen di tempat ditaburkan nya benih. Setelah membagi sisa nitrogen menjadi dua bagian yang sama, lakukan topdressing di saluran air setelah 30 hari disemai dan timbunan tanah dengan dicangkul dan berikan pupuk jumlah kedua berupa topdressing pada saat pertumbuhan tanaman sebelum berbunga.

Penyiraman labu manis

Labu manis adalah tanaman musim panas. Oleh karena itu, untuk hasil yang baik, penyiraman harus dilakukan dengan selang waktu 5 hingga 7 hari.

pengendalian gulma pada labu manis

Lahan Labu manis harus terus disiangi sesuai kebutuhan. Ketika tanaman telah berkembang baik dan rimbun, maka efek buruk gulma pada tanaman akan berkurang. Untuk budidaya secara komersial, semprotkan Pendimethylene dengan takaran 3,5 liter per hektar kedalam 1000 liter air dan semprotkan ke tanah dalam waktu 48 jam setelah disemai. Ini akan mengendalikan gulma selama sekitar 35 sampai 40 hari setelah disemai. Setelah sekitar 25 sampai 35 hari setelah tanam, penyiangan saluran atau pematang harus dilakukan sesuai kebutuhan.

pengendalian hama dan penyakit labu manis

Banyak jenis hama dan penyakit yang merusak tanaman labu manis. Karena itu produsen sangat kerugian. Oleh karena itu, perlu dilakukan pencegahan terhadap hama dan penyakit yang menimbulkan kerusakan dan kerugian secara materi. Diantaranya adalah hama kumbang labu merah, foliar tunnel, lalat buah, lalat putih dan kutu daun dll dan penyakit antara lain busuk akar, asita lunak, embun tepung, antraknosa, bercak daun Cercospora, virus dan nematoda kelenjar akar, dll.

memetik buah labu manis

Ketika buah Labu manis telah berkembang sesuai dengan kualitas pasar, buah harus tetap dalam keadaan lunak, maka buah tersebut harus dipanen.

Hasil budidaya labu manis

Hasil dari tanaman Labu manis tergantung pada pemilihan varietas, pupuk kandang dan pupuk serta perawatan tanaman. Tetapi setelah pemilihan metode ilmiah di atas dan dengan varietas yang ditingkatkan, hasil rata-rata adalah 250 hingga 500 kuintal per hektar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!